Selamat Datang di Forum TeKaJe SMK Gracika Cirebon

Menu CK Forms

Membuat Form Joomla Dengan CKForms
Sebagai mualaf Joomla, tulisan berikut mengenai cara sederhana membuat formulir pada website berbasis CMS Joomla. Komponen yang digunakan adalah form generator yakni CKForms. Dengan CKForms kita dapat menyimpan data ke database dan melakukan ekport ke format CSV. Field-field yang digunakan dapat langsung divalidasi sebagai teks, angka, tanggal dan alamat email. CKForms juga menyediakan untuk mengupload fieldForm yang dihasilkan dapat dibackup dan direstore dengan mudah. Dan sebuah kode Captcha dapat digunakan dengan mudah. Jika kurang puas dengan tampilan yang dihasilkan, kita dapat mengubah tampilan CSSnya secara custom.
CKForms
Baiklah, kita mulai step by stepnya:
  1. Pertama2 tentu Anda sudah membuat website dengan Joomlahehe.
  2. Silahkan Unduh CKForms dari situsnya.
  3. Login sebagai admin Website
  4. Installlah komponen yang diunduh melalui Menu Extension > Install/Uninstall
  5. Setelah Anda Install, CKForms dapat diakses dari menu Components > CK Forms
  6. Buatlah sebuah Formulir menggunakan tombol NEW
  7. Ada 6 Tab yang ada, Tab General untuk Informasi Awal Formulir Anda. Tab Result untuk menyimpan isi formulir yang disubmit dan keterangan jika berhasil. Tab Email untuk korespondensi Email. Tab Advanced untuk setting Captcha, besar Upload, CSS,dsb. Tab Frontend Display untuk menampilkan layar muka. Tab Help sebagai bantuan Anda dalam mengisi konfigurasi.
  8. Setelah membuat Formulir, masuklah ke menu Field. Kemudian tambahkan field-field yang sesuai. Bisa berupa TextHiddenTextAreaCheckboxRadioButtonSelectField UploadButton dan Field Separator. Dalam satu formulir, bisa terdapat banyak field-field. Silahkan tentukan sesuai kebutuhan Anda.
  9. Setelah mengisi field-field yang diperlukan, Masukkan formulir yang dibuat ke Menu dengan cara Menus > User Menu > New >CKForms > CKForms > Standard CKForms CSS Layout > Apply
  10. Setelah itu. Done. Anda tinggal melihat preview formulir yang telah dibuat.
Share this post :

Post a Comment

Rekap Tugas

Rekap X TKJ

Rekap XII TKJ

Pengunjung

Musik Online 24 Jam

 
Support : dzulcyber.com | DownloadRPP | BerintaNanggroe
Copyright © 2015. Forum TKJ SMK Gracika - All Rights Reserved
Admin by dzulcyber.com
Proudly powered by Blogger